Pengalaman Mengikuti TPA OTO BAPPENAS

Ilustrasi Ujian
Ilustrasi Ujian/Inmagine

Saat ini TPA (Tes Potensi Akademik) OTO BAPPENAS dijadikan sebagai salah satu syarat akademik pada penerimaan Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Dan saya harus mengikuti tes tersebut karena insya allah tahun ini saya akan meneruskan S2 di ITB (Institut Teknologi Bandung) yang mensyaratkan skor TPA OTO BAPPENAS >= 475 (diatas atau sama dengan 475).

Proses Pendaftaran & Persyaratan

Untuk proses pendaftarannya dilakukan secara online, dengan mengunjungi website upp-tpa.com, lalu mengunduh formulir pendaftarannya. Nantinya formulir tersebut diisi dan dikirimkan melalui email beserta bukti pembayaran (informasi selengkapnya tentang pendaftaran dan alamat rekening pembayaran bisa membuka website tersebut).

Setelah itu jangan lupa juga untuk mempersiapkan dokumen pelengkap lainnya, yaitu:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah (minimal D3)
  3. Pas Foto Berwarna 3×4
  4. Bukti Transfer Asli

Dokumen-dokumen tersebut harus dibawa pada saat akan melakukan tes, karena bila tidak dilengkapi, kita tidak akan diikutsertakan dalam tes.

Lokasi Tes

Alamat tempat tes berlokasi di Gedung Bappenas Pusat, Jl. Taman Suropati No. 2 Jakarta Pusat. Tepat didepan Taman Suropati, dan disamping Mesjid Sunda Kelapa. πŸ™‚

Jadi sebelum tes saya sempat bersantai menikmati keramaian dan keindahan Taman Suropati, sambil foto-foto, hehe πŸ˜€

Oh ya, bagi yang bertempat tinggal di Bandung dan ingin menggunakan kendaraan umum. Bisa menggunakan travel yang turun di Cikini, pada saat itu saya melihat rute travel C*paganti lebih dekat ke tempat tes, sehingga jika turun di pool C*paganti, selanjutnya bisa naik taksi yang hanya membutuhkan biaya sekitar Rp. 13.000-an.

Struktur Soal

Pada saat mengikut tes, saya menemukan tiga bagian dari soal, yaitu:

  1. Verbal. Pada bagian ini akan menemukan soal-soal sinonim, antonim, padanan kata dan lain sebagainya.
  2. Numerik. Pada bagian ini terdiri dari soal matematika dasar, seperti persamaan, deret dan lain sebagainya.
  3. Penalaran. Pada bagian ini logika kita diajak “bermain” dalam menyelesaikan soal, bagi yang suka coding pastinya sudah cukup terbiasa, hehe. Terdapat pula soal visual atau tes untuk menyesuaikan gambar dengan pola-pola yang telah ditentukan.

Pada bagian Verbal terdiri dari 80 soal, Numerik 90 soal, dan Penalaran (kalau tidak salah namanya) 80 soal. Total soal keseluruhan 250 soal lho!

Pertama kali melihat soal TPA, saya pribadi merasa kaget bukan main! Tiga kali lipat lebih sulit dari soal-soal latihan yang pernah dikerjakan sebelumnya, benar-benar diluar dugaan. Namun, harus tetap tenang.. tenang.. kerjakan perlahan dan dahulukan yang paling mudah πŸ™‚

Persiapan

Sebenarnya persiapan utama untuk mengikuti TPA ini adalah cukup istirahat, sehingga pada saat tes berlangsung, pikiran kita tenang, badan kita bugar. Intinya kita harus bisa mengondisikan diri supaya pada saat tes berlangsung kita menjadi lebih teliti dalam mengerjakan soal, tidak tergesa-gesa.

Saya pun sempat menuliskan beberapa tips mengerjakan Soal TPA OTO BAPPENAS disini.

Oh ya, ada satu hal lagi yang cukup penting untuk disampaikan, sebelum mengikuti ujian ada baiknya kita bersedekah semampu kita. Tak ada salahnya kan kita bersedekah? Karena dengan sedekah kita bisa meringankan atau membantu orang yang sedang membutuhkan, sehingga mudah-mudahan kita juga yang akan mengikuti ujian mendapatkan balasan dengan diberikan kemudahan dan kelancaran juga dalam pelaksanaannya. πŸ™‚

Hasil Tes

Setelah selesai mengerjakan Soal TPA OTO BAPPENAS dan keluar dari ruangan tes, saya jadi penasaran dan merasa ingin cepat-cepat mengetahui hasilnya, namun apa yang bisa diperbuat lagi selain menunggu hasil yang nantinya dikirimkan melalui pos.

Saya sempat menanyakan berapa lama surat yang berisikan hasil TPA tersebut bisa sampai dirumah, katanya sekitar 2 minggu kedepan. Wah, bagi saya menunggu selama 2 minggu cukup lama.

Namun, setelah itu saya mendapatkan informasi lagi bahwa hasilnya bisa diketahui lebih cepat melalui telepon, setelah 3 hari kerja kemudian. Pada saat itu saya mengikuti ujian di hari minggu, jadi saya berencana menelepon untuk menanyakan hasil TPA pada kamis.

Hari kamis yang ditunggu pun tiba dan saya mendengar suara “halo.. selamat pagi.. dengan TPA BAPPENAS, ada yang bisa dibantu?“. Saya pun langsung menjawab “selamat pagi juga mba.. saya ingin menanyakan perihal hasil TPA yang diselenggarakan hari minggu kemarin, apakah sudah bisa diketahui skornya?“.

Setelah saya mendapatkan jawaban kurang lebih seperti ini.. “iya, sudah bisa mas.. bisa disampaikan nama lengkap, tanggal lahir dan nama ibu?“, saya deg-deganΒ sedikit.. menghela nafas dulu.. lalu menjawab pertanyaan petugas TPA BAPPENAS tersebut, sampai pada akhirnya terdengarlah “jawaban” yang telah saya nantikan, “Skornya 566,70 mas..“. Saya pun langsung bereaksi, “Alhamdulillah.. tapi bener ya mba? depannya 500? bukan 400?”, saya khawatir salah mendengarkan karena suara telepon agak kresek-kresek, sehingga bertanya kembali. “Iya betul, 500 mas.. 566,70“, setelah mendengarkan hasil skor untuk yang kedua kalinya, dalam hati saya bersyukur bisa memperoleh skor yang cukup untuk memenuhi salah satu syarat akademik melanjut S2 di ITB.

Informasi yang saya tunggu-tunggu telah diketahui, tinggal menunggu bukti tertulis bahwa saya benar-benar lulus. Dan 13 hari kemudian barulah hasil TPA sampai dirumah, kertas hasilnya tipis dan ukurannya sebesar amplop. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Hasil TPA OTO BAPPENAS
Hasil TPA OTO BAPPENAS/alifiharafi.com

Alhamdulillah.. ternyata skor yang diinformasikan melalui telepon itu benar adanya. Sesuai dengan yang tertulis. πŸ™‚

Bagi yang akan mengikuti TPA, semoga berhasil ya, mudahan-mudahan tulisan ini bisa memberi manfaat. πŸ˜€

Baca Juga: Tips Mengerjakan Soal TPA OTO BAPPENAS

24 thoughts on “Pengalaman Mengikuti TPA OTO BAPPENAS”

  1. assalamualaikum.
    salam kenal mas/mbak
    boleh minta kontek emailnya? berhubung saya berdomisili di Bandung mau nanya-nanya transportasi menuju jalan taman suropati. mohon balasannya ya mas/mbak masuk k email saya. terimakasih πŸ˜€

  2. Wa’alaikum salam.. Salam kenal juga.. mohon maaf baru bales, baru sempet buka blog lagi πŸ˜€

    Untuk transportasi dari Bandung, seperti yang sudah di post diatas, bisa naik Cipaganti aja ke Cikini, dari situ deket kok πŸ™‚

    Email saya alifiharafi[at]gmail[dot]com

  3. Makasi banyak mas, segala informasi beserta tips mengerjakan soalnya. Sangat bermanfaat mas infonya. Alhamdulillah skor saya 578 pada pengalaman pertama ikut tes.

    1. Mas mau tanya kalo nomer telpon yang mas hubungi itu berapa ya? Kalo ikut tesnya di itb bisa nelpon juga? Makasih mas

    1. Saya balas disini saja ya, supaya ada yang menanyakan hal yang sama bisa terjawab juga.

      Q: Saya ingin menanyakan perihal kelengkapan dokumen mas. Itu harus dikirim via pos atau bisa dibawa saat akan tes? lalu mengenai pengiriman bukti pembayaran dan formulir pendaftaran kan dikirim via email, alamat emailnya yang tertera pada web nya bukan ya?

      A: Dulu pada saat melakukan pendaftaran TPA BAPPENAS, saya hanya mengirimkan scan formulir dan bukti pembayaran, dokumen lainnya dibawa ketika hari ujian berlangsung. Setelah saya mencari informasi langsung dari website resminya Β» Tata Cara Pendaftaran TPA, diinformasikan bahwa “formulir, bukti transfer pembayaran, dan persyaratan-persyaratannya discan dan dikirimkan lewat email: upptpa@yahoo.com atau Fax: (021)3902542″, sekarang semua berkas discan dan dikirimkan via email atau fax. Akan tetapi untuk jaga-jaga dibawa saja semua berkas persyaratannya ketika akan ujian.

      Q: lalu subject pada email nya apa mas?

      A: Pada halaman Tata Cara Pendaftaran TPA tidak dituliskan secara khusus format subjeknya, jadi bebas saja yang penting informatif, misalkan: Persyaratan Pendaftaran TPA BAPPENAS [Tgl. Ujian] – [Nama Lengkap]

      Q: Setelah melakukan pengiriman email, apa yang harus kita lakukan mas?

      A: Berdasarkan informasi yang tertulis disana, “Tunggu konfirmasi dari pihak HUMAS TPA melalui email atau telepon; Setelah dapat konfirmasi dari pihak HUMAS TPA, peserta otomatis sudah terdaftar; Apabila belum ada konfirmasi dari pihak HUMAS TPA, harap hubungi kami ke nomor (021)3151339.

      Informasi selengkapnya sudah tersedia di http://www.upp-tpa.com. Semoga membantu πŸ™‚

  4. Maaf saya mau tanya terkait daftar s2 ke ITB. Jadi saya sudah tes TPA, namun hasilnya sampai saat ini belum sampai ke rumah saya. Apakah hasil TPA saya bisa menusul setelah pengumpulan berkas ? (barangkali mas alif punya pengalaman, atau temannya)
    terima kasih sebelumnya

    1. Jika mengikuti TPA yang diselenggarakan di ITB, cukup melampirkan bukti pembayaran TPA ke rekening ITB pada berkas. Sertifikat aslinya nanti bisa menyusul. Selengkapnya baca halaman persyaratan pendaftaran di poin 2. 9. disini.

      1. Ooh begitu, kalau saya mengikuti tes TPA di Bappenas bagaimana mas ?
        saya sudah mengetahui skornya, hanya saja sertifikatnya belum sampai ke rumah sedangkan deadline pengumpulan berkasnya mepet. menurut mas bagaimana ?
        terima kasih atas jawabannya

        1. Lebih baik coba kontak langsung ke SPS ITB aja. Sama-sama Lusi πŸ™‚

          Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Bandung
          Gedung CCAR, Lantai 4
          Jalan Tamansari 64
          Bandung 40116
          Jawa Barat – Indonesia
          Phone : +62 22 2511495
          Fax : +62 22 2503659

          E-mail:
          Magister : info_s2[at]sps.itb.ac.id
          Doktor : info_s3[at]sps.itb.ac.id

  5. Mas Alif yang baik…

    Terima kasih atas infonya yang banyak membantu….
    Saya mau tanya apakah hasil score secara fisik itu bisa kita ambil sendiri ke bappenas sehingga tidak terlalu lama menunggu, atau memang sudah prosedurnya hanya melalui pengirimasn via pos yaa??

    Salam Terbaik,
    @ludwinardi
    http://ludwinardi.com

  6. Mas mohon pencerahannya. Apabila seleksi ITB saya sudah diterima dan nilai TPA atau toefl tidak memenuhi kriteria nilai. Apakah bisa menyusul sesudah perkuliahan atau dinyatakan tidak lulus?

  7. Salam
    Mas, Ujian TPA Bappenas apa diselenggarakan di Jakarta saja yaa?
    Saya dari Surabaya, kalau naik kereta, turun stasiun terdekat di mana yaa..?
    Terima kasih informasinya sangat membantu sekali ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *